Link Shopee Disini

TOKOH-TOKOH SUPER JENIUS DUNIA LXXVIII

TIM BERNERS-LEE

Penemu World Wild Web (www)


Jika kita sering bersinggungan dengan internet, World Wild Web atau www menjadi salah satu istilah yang paling akrab digunakan. Awalan www kerap digunakan ketika kita ingin membuka portal atau website yang hendak kita tuju. Sebut saja www.google.com, www.yahoo.com, www.wikipedia.org dan seterusnya. Banyak orang menganggap www serupa dengan internet, namun sejati www hanya menjadi bagian dari internet yang tidak mengenal batas ruang maupun waktu.

Secara sederhana, seperti yang dijabarkan oleh situs ensiklopedi Wikipedia, www dapat dimaknai sebagai kumpulan server website dari seluruh dunia yang menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. Sebagian kalangan pelakon dunia maya menilai www adalah bagian yang paling menarik dari internet karena lewat portal yang selalu lekat dengan www, para pengguna internet dapat mengakses segala jenis informasi yang tersebar luas dan lengkap di ranah digital. Data yang bisa didapat dari website pun tidak hanya berwujud tulisan saja, melainkan juga gambar, video, suara, dan lain sebagainya.

Penemu atau pemrakarsa World Wild Web atau www adalah Tim Berners-Lee, manusia jenius kelahiran London, Inggris, tanggal 8 Juni 1955. Sosok Brilian yang mempunyai nama lengkap Timothy John Berners-Lee ini merupakan lulusan terbaik dari Fakultas Fisika di Queen's College, Oxford University. Ia pernah bekerja untuk The European Organization for Nuclear Research atau yang lebih dikenal sebagai CERN, lembaga ilmu pengetahuan ternama di Eropa yang bermarkas di Jenewa, Swiss.

Saat masih bergabung dengan CERN, tepatnya pada 1980 Lee mengerjakan riset untuk pengarsipan data bagi para peneliti. Dari proyek itulah Lee berhasil merancang piranti lunak yang dinamakan Equire. Equire adalah perangkat yang mampu menghubungkan serta mengatur berbagai macam arsip yang ada sehingga sangat memudahkan pencarian informasi dan data yang diperlukan. Equire inilah yang kelak menjadi modal utama bagi Lee untuk menciptakan konsep www.

Tidak lama setelah Equire tercipta, Lee undur diri dari CERN dan kemudian bergabung dengan John Poole's Image Computer System Ltd. Tahun 1984, ia kembali ke CERN dan membangun sebuah browser yang diberi nama World Wild Web berdasarkan pada teknologi Equire. Selain itu, Lee juga menciptakan server website pertama yang disebut sebagai Hypertext Transfer Protocol (http). Secara lebih rinci, http adalah protokol jaringan lapisan aplikasi yang dipakai untuk sistem informasi yang terdistribusi, kolaboratif dan menggunakan hipermedia.

Penelitian Lee terus berlanjut. Ia mengajukan rencana proyek untuk membuat hipertext global pada 1989. Setelah proyeknya ini berjalan, pada Oktober 1990, World Wild Web sudah bisa dioperasikan kendati hanya terbatas di lingkungan CERN. Riset Lee belum berhenti, ia kembali berkutat dengan penelitiannya demi menyempurnakan www. Akhirnya, pada 1991, www sudah dapat digunakan secara luas dengan memakai jalur internet. Resminya, www diluncurkan pertama kali secara online tepat pada 6 Agustus 1991.

Kendati sudah meluncur secara resmi, Lee tetap belum puas. Selama kurun tahun 1991-1993, Lee kembali menyuntuki diri demi memaksimalkan fungsi www. Ia merancang halaman website sekaligus mengelola berbagai saran dan kritik dari para pengguna internet. Hasilnya, www pun muncul dengan performa terbaiknya dan masih bertahan hingga saat ini. Selain itu, nama Lee tergurat sebagai orang pertama yang menciptakan browser, server, dan kunci protokol untuk internet.

Tidak berhenti sampai di situ, Lee kembali menggebrak dengan mendirikan World Wild Web Consortium (W3C) di Massachusetts Institute of Technology, Amerika Serikat, pada 1994. Tugas dan tanggung jawab dari W3C yang didirikan Lee adalah mengelola dan mencermati perkembangan portal di seluruh dunia. Hal ini dilakukan agar potensi website dapat dieksplorasi secara maksimal dan kestabilan portal dapat dipastikan sehingga penggunaannya pun bisa berjalan dengan baik.

Pamor Lee pun terangkat naik dan memperoleh decak kagum dari banyak kalangan. Bahkan, Kerajaan Inggris pun sangat menghargai semua jerih payah dan jasa yang telah ditorehkan oleh Lee dengan menganugerahinya gelar kebangsawanan "sir" dan penghargaan Order of Merit pada Juni 2007. Order of Merit adalah pengharagaan yang paling bergengsi karena merupakan anugerah langsung dari Ratu Inggris. Sebelumnya, pada 2004, Lee juga menerima penghargaan dari Kerajaan Inggris, yaitu ditetapkan sebagai Greatest Britons (Orang Inggris Terbesar), yang dilakukan dengan upacara kerajaan.***

 

WALT DISNEY

Bapak Hiburan Dunia


Nama Walt Disney tentunya sudah tidak asing lagi di dunia hiburan. Nama yang kemudian menjadi brand paling wahid untuk urusan rumah produksi film bergenre kartun atau animasi itu telah mencetuskan banyak sekali karakter tokoh imajiner yang sangat dikenal dan digandrungi oleh anak-anak di seluruh jagat. Bagaimana tidak? Siapa yang tidak akrab dengan tokoh-tokoh kartun semacam Donald Duck (Donal Bebek), Mickey Mouse (Miki Tikus), Goofy (Gufi), Uncle Scrooge (Paman Gober), Winny The Pooh, hingga sederet film animasi di era sekarang semisal Mulan, Lilo & Stitch, The Lion King , dan masih banyak yang lainnya.

Selain menciptakan dan berhasil mempopulerkan tokoh-tokoh ciptaannya sendiri, Disney juga menggarap ulang beberapa cerita rakyat dari berbagai bangsa di dunia dalam bentuk film kartun atau animasi. Sejumlah kisah legenda semacam Cinderella, Pinokio, Putri tidur (Sleeping Beauty), Putri Cantik dan Si Buruk Rupa (The Beauty and The Beast), Putri Duyung (The Little Mermaid), Putih Salju (Snow White), Peter Pan, Alice in Wonderland, Robin Hood, Tarzan, Jungle Book, Hercules, hingga Aladdin, dikemas ulang dalam bentuk baru dan menjadi film-film kesukaan anak, remaja, bahkan orang dewasa di seluruh penjuru bumi.

Seabrek karya yang didedikasikan untuk jagat hiburan pada umumnya dan untuk anak-anak sedunia pada khususnya itu tidak pelak mengukuhkan predikat Walt Disney sebagai Bapak Hiburan Dunia. Lantas, siapakah sebenarnya dan seperti apakah sosok Walt Disney yang kemudian berhasil menggapai puncak tertinggi di dunia hiburan itu?

Nama lengkapnya adalah Walter Elias Disney, lahir di Chicago, Illinois, Amerika Serikat, pada 5 Desember 1901. Pegabdiannya terhadap ranah hiburan dalam rangka menceriakan anak-anak sedunia sepertinya menjadi obsesi tersendiri bagi Disney. Apa pasal? Masa kecil Disney ternyata cukup suram. Ia tidak pernah memperoleh kasih sayang dari orangtuanya. Bahkan, karena tidak tahan lagi di rumah yang dirasanya tidak menyenangkan lagi, Disney memutuskan untuk pergi ketika usianya baru menginjak 16 tahun.

Kala itu, Eropa sedang dilanda kisruh dengan pecahnya Perang Dunia I. Disney pun bergabung dengan korps Palang Merah Internasional di Prancis untuk membantu para korban perang. Setelah perang usai, ia mencari peruntungan dengan menjadi pelaku seni di Kansan, Amerika Serikat. Sempat menjalani kehidupan sebagai pemain seni peran, Disney kemudian menggeluti karir sebagai seorang kartunis. Beberapa kali ia membuat karikatur politik dan komik yang kemudian dimuat di koran.

Pada suatu ketika, Disney bertemu dengan sesama kartunis bernama Ubbe Iwerks. Lantaran saat itu keduanya sama-sama menganggur, maka Disney dan Iwerks bersepakat untuk mendirikan perusahaan bernama Iwerks-Disney Commersial Artists pada Januari 1920. Akan tetapi, perusahaan itu tidak mampu mengangkat kesejahteraan mereka dan akhirnya gulung tikar dalam waktu singkat.

Disney kemudian berupaya melamar pekerjaan dan diterima di perusahaan hiburan bernama Kansas City Film Ad Company. Di sini, Disney bertugas membuat iklan berdasarkan animasi yang akan dibikin film. Sejak itulah Disney tertarik dengan animasi. Ia lantas banyak mencari tahu tentang animasi dan beberapa kali melakukan uji coba untuk membuat film animasi sederhana. Hingga pada akhirnya Disney memberanikan diri untuk menjalankan usaha animasi secara mandiri. Film animasi pertama Disney adalah Newman Laugh-O Grams. Sinema kartun ini ternyata memperoleh sambutan yang sangat menggembirakan dari warga Kansas.


Kesuksesan yang diraup Disney ternyata tidak diimbangi dengan sistem pengelolaan yang baik sehingga ia terbelit utang dan akhirnya pailit. Namun, Disney pantang menyerah. Setelah bersusah-payah mengumpulkan modal lagi, ia pun berhasil mendirikan studio di Hollywood, California. Dari Hollywood inilah Disney perlahan tapi pasti membangun reputasinya sebagai pelaku industri hiburan. Ia pun menciptakan beberapa tokoh kartun, dua karakter yang paling fenomenal adalah Mickey Mouse dan Donald Duck, yang pada akhirnya nanti melambungkan namanya.

Pada 15 Desember 1966, Walt Disney meninggalkan dunia untuk selama-lamanya di Burbank, California. Ia diakui sebagai salah satu tokoh yang paling berpengaruh terhadap dunia hiburan di sepanjang abad ke-20. Hingga kini, perusahaan yang digagas oleh Disney, yakni The Walt Disney Company, masih menjadi yang terdepan di tengah persaingan jagat hiburan yang semakin keras. Selain memproduksi film kartun dan animasi, Walt Disney juga telah merambah film non-kartun, terutama yang bergenre komedi dan film untuk anak-anak.***

Belum ada Komentar untuk "TOKOH-TOKOH SUPER JENIUS DUNIA LXXVIII"

Posting Komentar

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini

Jangan Merubah Kode Ini